Popular Post

Posted by : Unknown Selasa, 10 Desember 2013

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA
DALAM NOVEL “SABDA CINTA” KARYA RUDIYANT
KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

ULANGAN TENGAH SEMESTER

OLEH
ERLIN FORTUNELA S
NIM 5.11.06.0.13.006







UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BAHASA INDONESIA
NOVEMBER 2013

KATA PENGANTAR

Segala Puji Bagi Allah SWT, Yang Maha Pemurah, Pengasih dan Penyayang. Tidak ada ungkapan lain yang dapat saya tulis lebih awal dalam prakata ini selain ungkapan syukur kepada Allah, Pemberi kemudahan bagi jalan hidup sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini yang berjudul “Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel “Sabda Cinta” Karya Rudiyant Kajian Psikologi Sastra”. Penulisan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas ulangan tengah semester pada semester ganjil mata kuliah penelitian sastra pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Majapahit.
Tugas ini disusun sesuai dengan kemampuan yang ada. Dalam tugas analisis ini, saya mendapat bantuan yang sangat berharga dari berbagai pihak. Untuk itu dengan segala kerendahan hati saya ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini :
1.      Bapak Prof. DR. Machmoed zain, APU selaku Rektor UNIM.
2.      Bapak Dr. Ludi Wisnu Wardana ST, SE, SPd, MM selaku dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
3.      Bapak Suwarsono, M.Pd  Selaku dosen pengampu Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, yang memberikan tuntunan serta bimbingan dengan penuh kesabaran.
4.        Teman-teman Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia kelas sore semester lima atas kerja samanya dan semua teman bermain di kampus.
Akhir kata saya berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa berkenan membalas segala kebaikan semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan tugas ini. Semoga tugas ini dapat memberi manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
                                                                                   

Mojokerto, November 2013
                                                                                                Penulis




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Setiap manusia merupakan individu yang berbeda dengan individu yang lainnya. Namun manusia tetaplah makhluk sosial, setiap pertemuan antarmanusia tidak jarang biasanya menimbulkan konflik, baik antar individu maupun antar kelompok. Selain itu manusia juga sering mengalami konflik batin dalam dirinya sebagai reaksi sosial di lingkungan masyarakat.
Peristiwa atau kejadian yang ada dalam masyarakat saat inipun telah banyak yang diangkat menjadi sebuah karya sastra. Sastra sendiri adalah hasil seni kreatif dari penulis dengan objeknya sebagai manusia dan kehidupannya dengan pengantarnya adalah bahasa. Sebagai karya yang kreatif, sastra mampu dijadikan sebagai penyalur ide-ide yang dipikirkan oleh sastrawan mengenai kehidupan sosial manusia.
Karya sastra yang dihasilkan sastrawan selalu menampilkan tokoh yang memiliki karakter sehingga karya sastra juga menggambarkan kejiwaan manusia walaupun gambaran tokohnya hanyalah fiksi. Dengan kenyataan tersebut, karya sastra selalu terlibat dalam aspek kehidupan manusia termasuk ilmu jiwa atau psikologi. Maka penelitian yang menggunakan pendekatan psikologi terhadap karya sastra merupakan bentuk pemahaman karya sastra dari sisi psikologi. Ini disebabkan karena setiap tokoh dalam karya sastra selalu diberi jiwa dan raga kemanusian dalam kehidupannya.
Novel Sabda Cinta merupakan novel karya Rudiyant yang merupakan sebuah novel yang sangat menarik untuk dibaca dan dapat dijadikan pembelajaran dalam kehidupan. Adapun yang menarik untuk diteliti dari novel ini adalah konflik batin tokoh utama sebagai seorang lelaki yang mencintai anak gadis pemimpin desa yang sangat taat dengan aturan agama dan berkuasa di daerah Lembah Gumanti pedalaman Sumatra sedangkan ia sangat jauh dengan Tuhan bahkan tidak mengerti agama sedikitpun.
Guna menyelesaikan persoalan yang dihadapi akan digunakan psikologi dalam penelitian ini. Psikologi ini berusaha memperlajari manusia secara utuh terhadap jiwa, emosi dan tingkah lakunya. Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini mengambil judul “Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel “Sabda Cinta” Karya Rudiyant Kajian Psikologi Sastra”.

1.2  Batasan Masalah
Dalam penelitian ini supaya penelitian fokus, diperlukan adanya pembatasan masalah. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini hanya dibatasi pada konflik batin tokoh utama dalam novel Sabda Cinta serta usaha tokoh utama dalam menyelesaikan konflik tersebut.

1.3  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan batasan masalah maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.      Bagaimana konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel Sabda Cinta ?
2.      Bagaimana usaha yang dilakukan tokoh utama dalam menyelesaikan konflik tersebut ?

1.4  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis menulis penelitian ini adalah mendeskripsikan :
1.      Konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel Sabda Cinta.
2.      Usaha yang dilakukan tokoh utama dalam menyelesaikan konflik tersebut.

1.5  Manfaat Penelitian
Manfaat yang diperoleh dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu manfaat secara teoretis dan secara praktis. Adapun manfaat-manfaat dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.1    Manfaat Teoretis adalah untuk memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu terutama dalam bidang psikologi sastra dan memperluas ilmu pengetahuan bahasa dan sastra Indonesia.
1.2    Manfaat Praktisnya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang keadaan jiwa atau psikolgi dalam kehidupan dan sebagai sumber untuk mendapatkan pengetahuan tentang dunia psikologi dalam sastra agar bisa menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Erlin Forstavi - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -